Beberapa content creator yang kami temui di sosial media banyak yang sudah kehilangan arah kontennya mereka. Bayangkan memulai harinya membuka media sosial dan memikirkan "Konten apa lagi yang harus aku buat hari ini?" Kita semua melihat tren di TikTok, Intsagram, dan platform lainnya, rata-rata konten diluaran sana hampir terlihat sama. Orang-orang saling meniru, mencoba viral, tapi tanpa ada arah yang jelas. Kamu ingin membuat sesuatu yang benar-benar berasal dari idemu. Tapi sayangnya, ide itu tak kunjung datang. Keterbatasan ide ini bukan bukan cuma kamu yang alami. Banyak content creator diluar sana mengahadapi hal yang sama:
- Kehabisan ide yang kreatif
- Meniru konten viral karena tak tahu harus memulai awal dari mana
- Sulit menemukan tren terbaru yang sesuai dengan niche mereka
Dari keresahan yang ada, kita menghadirkan Imagine sebuah platform berbasis data sains yang kami rancang dalam menemukan masalah content creator yang kesulitan menemukan ide mereka. Imagine bukan sekedar alat bantu saja, Imagine juga merupakan asisten pribadi berbasis data yang dapat membantu menemukan tren, menganalisis pasar, hingga menciptakan konten yang relavan dan orisinal.
Apa Itu Imagine?
Imagine adalah platform digital yang kami rancang untuk membantu content creator menemukan ide konten yang relavan dan sangat Up to Date dengan tren terbaru. Melalui teknologi data sains, Imagine mampu menganalisis ribuan data dari media sosial, Google Trends, forum, dan platform lainnya. Hingga menyajikan insight yang langsung bisa dipakai membuat konten.
Tidak hanya itu, Imagine juga bisa memberikan rekomendasi ide yang disesuaikan sama niche dan minat audiens yang content creator inginkan. Jadi tidak hanya mengikuti tren, tapi content creator juga dapat membuat konten yang lebih terarah dan tetap punya ciri khas sendiri.
Fitur Utama Imagine
Trend Tracker Fitur ini membantu content creator lihat tren yang sedang naik di berbagai platform, lengkap dengan grafik serta keywordnya Ide Creator Cukup masukin topik atau niche, lalu Imagine akan membantu memberikan ide konten berdasarkan data yang lagi relavan. Audience Insight Imagine membantu analisis konten mana yang paling banyak dapat engagement dari followers content creator. Konten Planner Content creator tidak perlu lagi bingung mau di publikasikan kapan, fitur ini sangat membantu sekali menjadwalkan dan menyusun ide konten sesuai momentum tren.
Kenapa Harus Imagine?
Karena di era serba cepat seperti sekarang ini, data bisa jadi paling efisien buat bersaing di dunia konten. Dengan adanya Imagine, content creator tidak perlu memperkirakan lagi atau sekedar hanya ikut-ikutan tren yang sudah banyak beredar. Content creator sudah bisa lebih siap, lebih kreatif, dan tetap relavan.
Proses di Balik Layar: Kerja Kelompok Kami
Project yang kami buat ini secara berkelompok dengan pembagian tugas yang jelas. Ada yang bertanggung jawab di ide dan riset, ada yang mendesain, presentasi, dan penyusun Blog. Diskusi kelompok kami dilakukan melalui group Whatsapp dan beberapa kali kita juga diskusi melalui Google Meet. Prosesnya tidak berjalan baik juga, ada proses revisi, brainstroming ulang, bahkan mengubah konsep. Tapi dari sinilah kelompok kami belajar bagaimana berkolaborasi dan memberikan pendapat satu sama lain. Untuk melihat hasil kerja kelompok kami, berikut link presentasi: Imagine
Refleksi dari Simulasi Ini
Simulasi ini memberi pengalaman tentang membangun sebuah ide bisnis digital dari awal. Kami belajar bahwa menyusun konsep, memetakan masalah penggunaan, dan menyusun solusi berbasis teknologi. Di luar aspek teknis, kelompok kami juga belajar kerja tim, komunikasi, dan pentingnya menerima feedback.
Sebagai Penutup, Imagine ini kita buat menjadi contoh nyata bahwa data sains bisa membantu dunia kreatif jadi lebih terarah. Dengan ide yang kuat, fitur yang relavan dan kerja tim, dapat dipercaya bahwa Imagine bisa menjadi solusi untuk tantangan para content creator hingga ke UMKM di era digital saat ini.
0 Comments